Mengetahui Ukuran File, Direktori, dan Kapasitas Disk Linux dalam cli

Dalam hal memanagement kapasitas media penyimpanan anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang Ukuran file, Direktori, serta Kapasitas Media Penyimpan Data. Maka Dari itu saya kali ini akan memberi cara mengetahui Ukuran File, Direktori (Folder), dan Kapasitas Hardisk (Media Penyimpan) dalam tampilan CLI.

Command du (disk usage) adalah merupakan perintah standar Linux / Unix yang digunakan untuk memeriksa informasi dari penggunaan disk pada file maupun direktori Linux / Unix. Command du ini memiliki banyak pilihan parameter yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut adalah macam-macam parameter command du :

Untuk mengetahui ukuran file, direktori serta subdirektori tertentu :
du /home/arifin

silahkan ganti /home/arifin dengan path direktori yang ingin anda cek.

Tambahkan opsi -h  untuk menampilkan ukuran file, direktori dan subdirektori dengan menggunakan B (Bytes), K (Kilobytes), M (Megabytes), G (Gigabytes), T (Terabytes) dan seterusnya.
du -h /home/arifin

Untuk mengetahui total ukuran direktori tertentu, silahkan tambahkan opsi -s seperti berikut :
du -sh /home/arifin

Gunakan opsi -a untuk mengetahui ukuran seluruh file dan direktori yang ada :
du -a /home/arifin

Jika ingin menampilkan informasi ukuran file atau direktori dalam kilobytes, maka gunakan opsi -k, sedangkan jika ingin menampilkan ukuran file atau direktori dalam megabytes, maka gunakan opsi -m. Anda bisa menambahkan opsi -h untuk membuat tampilannya mudah dipahami (human readable).
du -k /home/arifin

du -m /home/arifin

Untuk mengetahui informasi jumlah total ukuran keseluruhan file dan subdirektori pada direktori yang dicek, silahkan tambahkan opsi -c :
du -ch /home/arifin

Apabila anda ingin mengetahui ukuran semua file dan sub direktori yang ada, kecuali file dengan format tertentu misalnya format .html, maka anda harus menambahkan opsi -–exclude disertai dengan format file yang tidak ingin anda ketahui (.html) seperti berikut ini :

du -ah --exclude="*.html" /home/arifin


Bagi anda yang ingin juga menyertakan tanggal modifikasi atau pembuatan file dan direktori / subdirektori, silahkan anda tambahkan opsi –time. Seperti contoh berikut :
du -ha --time /home/arifin

Dan untuk Mengetahui Kapasitas Harddisk Linux
Tidak jauh berbeda dengan du (disk usage), df (disk filesystem) juga memiliki variasi parameter command yang sangat mirip. Jika anda sudah memahami apa saja dan digunakan untuk apa saja variasi parameter command du, maka anda akan bisa memahami juga apa saja dan untuk apa saja variasi dari command df.

Gunakan command df untuk mendapatkan informasi nama device, total ukuran disk, disk yang sudah digunakan, disk yang masih tersedia, persentasi penggunaan disk dan lokasi penempatan disk.
df



Tambahkan opsi -h untuk mempermudah anda dalam memahami tampilan informasi yang muncul di layar console :
df -h

Untuk opsi lainnya, silahkan anda lihat dengan mengetikan opsi –help :
df --help




Sekian Semoga Bermanfaat :D

Refernsi by http://www.dedeerik.com/cara-mengetahui-ukuran-file-direktori-dan-kapasitas-disk-linux/

0 Response to "Mengetahui Ukuran File, Direktori, dan Kapasitas Disk Linux dalam cli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel