Membuat PC Router dengan Linux

Membuat PC Router dengan Zorin OS
Assalamualaikum wr.wb
Pagi ini saya mau share tentang topologi yang kemarin saya buat dalam Postingan yang berjudul "Konfigurasi Dasar Mikrotik RouterBOARD 951 ". mungkin beberapa dari pembaca ada yang bertanya-tanya
kok "Laptop saya sebagai Router Nat wlan0 ke eth0". nahhh ...... dipagi akhir pekan ini saya akan bagitahu cara konfigurasinya.

  1. Pertama Buka Terminal dan masuk ke dalam mode superuser dan setting IP dalam interfaces anda. dalam contoh saya wlan0 : DHCP dari wifi (172.20.1.17) dan eth0 : IP : 192.168.200.1 Netmask : 255.255.255.0 gateway : 0.0.0.0 (gateway jangan diisi / isi saja 0.0.0.0) dan isi DNS bisa dengan 8.8.8.8 atau kalau saya menggunakan DNS yang digunakan oleh BLC telkom Klaten yaitu 202.134.0.155
    gunakan perintah ini jika belum tahu
    $sudo su untuk masuk superuser
    #ifconfig wlan0 cek interfaces wlan0
    #ifconfig eth0 cek interfaces eth0
    untuk mengganti IP eth0 recommend dengan cara
    Buka Edit Network Connections -> Network Connections -> pilih Profile Connection yang anda inginkan dan saya membuat Profile baru bernama NAT lalu edit


    Pastikan PC/Laptop anda terkoneksi ke internet

  2. Kemudian edit file sysctl.conf dengan perintah
    #nano /etc/sysctl.conf
    hilangkan tanda # di #net.ipv4.ip_forward=1 menjadi net.ipv4.ip_forward=1
  3. Lalu edit juga file rc.local dengan perintah
    #nano /etc/rc.local
    tambahkan
    iptables -t nat -A POSTROUTING -o wlan0 -j MASQUERADE
    dibaris paling akhir sebelum exit 0
    keterangan : wlan0 merupakan src-add(source address/sumber internet yang ingin di NAT) MASQUERADE Merupakan Action Firewall NAT nya
  4. Setelah itu aktifkan NAT dengan perintah
    #iptables -t nat -A POSTROUTING -o wlan0 -j MASQUERADE
  5. lalu cek dengan perintah
    #iptables -t nat -L
  6. Setelah itu coba langsung buka winbox dan masuk ke mikrotik
  7. dan setting IP address dan DNS Router dibuat satu jaringan sama eth0 PC Router

  8. setelah itu coba cek diterminal yang berada di winbox di ping ke alamat eth0 PC dan cloud serta Google
  9. Silahkan dicoba
    NB: Jika masih belum bisa konek harap restart/reboot PC Routernya dan ulangi perintah no.4
    di PC Laptop saya harus direstart akan tetapi di PC Laptop Teman saya yang menggunakan backbox tidak perlu direstart.


Selamat Belajar :D

1 Response to "Membuat PC Router dengan Linux"

  1. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post. https://192-168-i-i.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel