Konfigurasi Dasar Mikrotik RouterBOARD 951

Konfigurasi Dasar Mikrotik RouterBOARD 951Ui 2HnD

Assalamualaikum wr.wb
Pagi ini saya dan teman saya dari SMKN 1 Kaliwungu mencoba mempraktikkan konfigurasi dasar Mikrotik RB951. Sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan Mikrotik RB750 akan tetapi di Mikrotik RB951 ini memiliki fitur istimewa yaitu Wifi internal atau maksudnya jika postingan saya kemarin tentang RB750 itu setting Hotspot harus menggunakan Access Point. oke langsung saja berikut ini topologi yang saya gunakan.


dari gambar diatas sumber internet router dari laptop saya yang terhubung ke internet yang sebelumnya telah saya setting NAT/ROUTER kemudian dari laptop saya terhubung ke router dan router terhubung ke laptop teman saya yang saya gunakan untuk kofigurasi RB951 ini.

  1. Pertama Buka Winbox.
  2. Berikut ini tampilan awal dari winbox RB951
  3. Pertama setting system identity. misal "Mikrotik - Kita" saya tidak menggunakan nama sekolah saya karena saya kali ini menggunakan RouterBoard milik teman saya dari SMKN 1 Kaliwungu. Karena dari Sekolah saya menyediakannya RB750.
  4. Kemudian System Clock di setting Time Zone Nam "Asia/Jakarta"


  5. Selanjutnya masuk ke konfigurasi jaringannya. untuk eth1 router saya buat DHCP Client. masuk ke tab IP -> DHCP Client lalu klik + add

    lalu Interfaces pilih ether1 lalu oke saja

  6. Kemudian Saya juga Konfigurasi untuk ether2/Local nya .
    Hingga Hasilnya menjadi seperti ini

  7. Kemudian Setting Firewall NAT . di tab IP -> Firewall -> NAT

    seperti biasa Chain = srcnat , Out Interfaces = ether1, Action = Masquerade




  8. Pada Kali ini saya Eher1 menggunakan DHCP maka secara otomatis Route List Akan Otomatis Gateway Reacheble.

  9. Setelah itu Edit Connection Laptop Client karena eher2 IP nya statis. jika di router ether2 = 192.168.100.1 maka Clientnya IP nya 192.168.100.2 - 192.168.100.254 dengan gateway ether2 router/192.168.100.1 .

  10. Lalu cek koneksi dengan ping google.co.id



  11. Selanjutnya saya juga konfigurasi Hotspot Mikrotik seperti postingan RB750.







  12. Selanjunya Setting juga wirelessnya. klik tab Wireless -> interfaces
    Klik 2x wlan1

    lalu tab Wireless setting Mode = ap brige , Band = 2GHz - B/G/N , SSID = isi sesuka kalian , Frequency = sesuai frequency yang ada disekitar anda.

    Untuk Mengetahui Frequency disekitar anda, dapat menggunakan fitur pada mikrotik yaitu fitur Scan. Kemudian akan muncul frequency yang telah aktif di wilayah anda itu. Pilih Frequency yang belum digunakan dan usahakan frekuensi rendah agar dapat ditankap oleh berbagai perangkat. Setelah itu OK. lalu keluar
  13. Lalu Cek wi Wireless Laptop Client. Tara :D hotspot kita telah muncul


    Selamat Mencoba :D

0 Response to "Konfigurasi Dasar Mikrotik RouterBOARD 951"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel