Konfigurasi VPN di Debian 8.3 (pptp)

Assalamualaikum wr.wb
Pada kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang VPN. mungkin beberapa hari yang lalu saya telah posting tentang Konfigurasi VPN di Mikrotik Namun kali ini saya akan bahas tentang VPN di Debian 8.3. dan saya belajar VPN di Debian ini karena Masalah yang telah kami (teman-teman blc) alami. yang berhubungan dengan Topologi dibawah ini.


Pada topologi diatas sudah dijelaskan bahwa jika dari PC administrator ingin meremote Server Stand Alone. Maka PC administrator Harus meremote Server Gateway terlebih dahulu baru meremote Server Stand Alone. Maka dari itu saya punya ide kalau pada Server Gateway di install VPN maka dari PC Administrator tidak harus meremote 2 kali (bisa langsung meremote server stand alone). maka dari itu kali ini saya beritahu cara konfigurasi VPN di Debian.

Pertama Install terlebih dahulu paket pptpd nya dengan perintah
# apt-get install pptpd
Lalu tunggu hungga selesai
Kemudian ada beberapa file yang harus dikonfigurasi. yaitu yang pertama

# nano /etc/pptpd.conf
cari dibagian akhir script pada
localip
remoteip

localip diisi dengan ip yang terdapat pada eth PC Server. (contoh saya kali ini pada eth1 dengan IP 192.168.104.1)
remoteip diisi range IP yang nantinya digunakan client untuk koneksi menggunakan VPN (Contoh saya kali ini 192.168.104.2-10)



Setelah itu edit juga file
# nano /etc/ppp/pptpd-options
pada file konfigurasi ini kita hanya memberi DNS server pada
ms-dns 202.134.0.155 (isi dns server)
ms-dns 202.134.1.10 (isi dns server)

Lalu pada file /etc/ppp/chap-secrets kita membuat user VPN

# nano /etc/ppp/chap-secrets

ClientserversecretIP Address
diisi usernamediisi *diisi passworddiisi ip jika ingin menggunakan ip tetap dan diisi * jika ingin ip dhcp berubah-ubah
arifin*smkn1192.168.124.3
arifin*smkn1*

Kemudian Restart pptpd nya
# /etc/init.d/pptpd restart


Lalu Konfigurasi VPN di client hampir sama pada postingan saya tentang VPN Mikrotik. hanya saja ada yang harus dicentang. pada bagian dibawah ini gateway diisi localip pada konfigurasi diatas. dan username dan password diisi sesuai user yang telah dibuat pada /etc/ppp/chap-secrets diatas. lalu klik advanced
lalu centang "Use Point-to-Point encryption (MPPE)"



lalu oke dan save. kemudian konekkan ke vpn profile yang telah kalian setting.

Dan Tara. anda sudah konek ke jaringan local pada server anda.


Selamat Mencoba :D
Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Konfigurasi VPN di Debian 8.3 (pptp)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel