Cara Setting DHCP di Router pada Cisco Packet Tracer

Selamat Siang Sahabat Blogger
Beberapa bulan yang lalu saya ditanya oleh guru saya tentang membuat topologi berserta konfigurasinya dan yang guru saya minta itu clientnya 20 dan disitu saya malas untuk konfigurasi 1 per 1 makanya saya searching digoogle cara konfigurasi DHCP Server di Router Cisco Packet Tracer. dan berikut ini akan saya share konfigurasinya.

Cara Setting DHCP di Router pada Cisco Packet Tracer :
Siapkan terlebih dalulu aplikasi cisco packet tracernya. kemudian pada contoh saya menggunakan 2 client PC, 1 Switch, 1 Router.

Kemudian setting ip router sesuai yang kamu inginkan, baik dengan CLI maupun dengan GUI. untuk saya ini menggunakan GUI.

dengan IP 192.168.27.1/24. lalu buka tab RIP dan tambahkan NA (Network Address) dari IP router contoh saya 192.168.27.0 .

Kemudian setting DHCP nya menggunakan CLI. buka tab CLI dan ketikkan perintah berikut :
  1. Router(config-router)#exit
  2. Router(config)#ip dhcp pool network10
  3. Router(dhcp-config)#network 192.168.27.0 255.255.255.0
  4. Router(dhcp-config)#default-router 192.168.27.1 (sebagai gateway)
  5. Router(dhcp-config)#exit

Perintah ke 3 itu memberi network address "192.168.27.1" dan netmask "255.255.255.0"
setelah itu coba request ip di komputer client
dan sukses :D. selamat mencoba

0 Response to "Cara Setting DHCP di Router pada Cisco Packet Tracer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel