Konfigurasi VPN di Mikrotik

Setelah tadi mengenal apa itu VPN. kali ini saya sudah mempraktikkan konfigurasi VPN di Mikrotik. berikut step-step nya :
  1. Masuk ke mikrotik menggunakan IP yang telah dikonfigurasi sebelumnya dengan menggunakan jaringan yang sama/LAN
  2. Kemudian Klik tab PPP
  3. Pada Tab PPP Klik tanda + (add) pilih PPTP Server Binding
  4. Pada New Interface masukkan nama contoh smkn1pwd, lalu klik OK / Apply
  5. Kemudian Masuk ke IP -> Pool
    Isi nama dan address diisi dengan range IP yang akan anda buat untuk DHCP
  6. Kemudian masuk ke PPP -> Profiles lalu klik + (add)
    Kemudian Masukkan nama yang ingin anda isikan misal : smkn1pwd dan local address saya isi dengan IP yang terdapat pada eth1 (WAN) dan remote Address saya isi dengan IP Poll tadi
  7. Lalu Tambahkan User yang terdapat pada PPP -> PPP Secret kemudain klik + (add) dan isi nama user, password, service = pptp, Profile = Profiles yang telah dibuat tadi
  8. Kemudian Aktifkan PPTP Server nya dengan cara Klik PPTP Server yang terdapat pada PPP -> tab Interface
    Lalu centang Enabled dan isi Default Profile dengan Profiles yang tadi telah dibuat. lalu OK / Apply . lalu keluar dari winbox
  9. Selanjutnya Setting VPN di Client. pertama masuk ke jaringan luar dari mikrotik anda contoh : tadi saya masuk winbox menggunakan jaringan local menggunakan kabel langsung ke Router Board dan kali ini saya akan konek ke jaringan Hotspot di sekitar saya yang terhubung ke Router Board saya. Kemudian Masuk ke Network Connections lalu add pilih type connection = Point-to-Point Tunneling Protokol (PPTP)
    lalu ini gateway dengan IP eth1 (WAN) RB kita dan username = user yang tadi dibuat pada secret serta passwordnya
     
  10. lalu sekarang cobalah mengkoneksikan ke VPN tadi
  11. Begini tandanya jika koneksi kita berhasil
  12. lalu sekarang cobalah untuk masuk ke mikrotik menggunakan wimbox. masuk menggunakan IP local (eth2 RB)
    cobalah masuk
  13. jika Berhasil masuk itu tandanya konfigurasi VPN tadi Telah berhasil.
  14. Selamat Mencoba. dan semoga berhasil :D

0 Response to "Konfigurasi VPN di Mikrotik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel