Cisco Packet Tracer


Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer
Menurut saya Packet Tracer merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat simulasi suatu jaringan komputer yang berisi berbagai macam simulator hardware jaringan (misal : komputer, laptop, router, switch, server, acssespoint) untuk mempermudah kita merancang Topologi suatu jaringan secara simulasi dan desain

Cara Install Packet Tracer di linux:
  1. Pastikan Anda sudah memiliki file setupnya. jika belum punya dapat cari di google. atau juga bisa kunjungi https://sanchitkum.wordpress.com/2015/07/15/installing-cisco-packet-tracer-6-2-in-ubuntu-14-04/ sebagai rujukkan mencari Cisco Packet Tracer 6.2 for linux atau juga bisa kunjungi http://myitzn.blogspot.co.id/2014/10/free-download-cisco-packet-tracer-611.html sebagai rujukkan download cisco packet tracer 6.1.1 for linux.
  2. Jika sudah Masuk ke direktory dimana file itu berada. contoh : /home/arifin/ lalu extract file nya.
  3. kemudian masuk ke direktorynya menggunakan terminal
  4. Lalu cek isi folder tersebut dengan perintah
    ls

    pastikan terdapat file install
  5.  Setelag itu install file install menggunakan perintah
    ./install


  6.  lalu tekan ENTER terus sampai 99% lalu ketik y lalu ENTER dan ketik y jika ingin masuk superuser untuk memindahkan file aplikasi ke /opt lalu masukkan password root anda.
  7. Setelah itu cara membuka aplikasinya menggunakan perintah
    /opt/pt/packettracer start
  8. Selesai


Selamat Mencoba :D


Thanks to
https://sanchitkum.wordpress.com/2015/07/15/installing-cisco-packet-tracer-6-2-in-ubuntu-14-04/
https://www.youtube.com/watch?v=I5e9KYXfJfk
http://askubuntu.com/questions/674222/how-to-uninstall-packettracer

0 Response to "Cisco Packet Tracer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel