Install CMS Wordpress

Assalamualaikum wr.wb.
pada hari ini saya mau share cara install cms wordpress. mungkin anda semua sudah kenal dekat dengan wordpress. wordpress merupakan sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). dan kali ini kita langsung saja install

Pertama Download terlebih dahulu cms wordpressnya di website resminya www.wordpress.org
dan kali ini saya sudah download di Laptop saya dan akan saya kirim ke PC Server saya menggunakan ssh dengan perintah
scp [nama file] [user@host:/(direktory)]
contoh
scp wordpress-4.4.2.zip arifin@192.168.104.2:
setelah itu remote server menggunakan ssh dan copy file yang sudah di transfer melalui ssh tadi ke direktory web server atau /var/www/html
menggunakan perintah
cp wordpress-4.4.2.zip /var/www/html
lalu extract jika file yang anda download .zip maka gunakan perintah unzip [nama file] jika file yang anda download .tar.gz maka gunakan perintah tar -xvf [nama file]. dan kali ini file yang saya download berformat .zip maka saya gunakan unzip. jika anda belum menginstall unzip silahkan install terlebih dahulu menggunakan perintah apt-get install unzip . jika sudah terinstall langsung saja diextract
unzip wordpress-4.4.2.zip

setelah terextract ubah hak akses folder nya menjadi drwxrwxrwx / 777 dan ubah juga user nya menjadi www-data dengan perintah
chmod 777 wordpress
dan
chown -R www-data:www-data wordpress
dan juga agar konfigurasinya otomatis mengubah file wp_config.php masuk terlebih dahulu ke direktory wordpress lalu chmod 777 wp-config-simple.php dan chown www-data:www-data wp-config-simple.php


setelah itu buka web browser anda
buka phpmyadmin anda untuk membuat database
buatlah database dengan nama sesuka anda contoh saya kali ini wordpress
 lalu buka alamat url [domain/ip server anda]/[direktori wordpress anda] contoh saya : 192.168.104.2/wordpress
dan inilah tampilan awal install

pertama pemilihan bahasa : pilih bahasa yang anda inginkan. kali ini saya pilih bahasa indonesia.
Setelah itu klik ayo! atau dalam bahasa inggris GO! 
Nama Basis data (Database Name) = isi nama database yang telah kalian buat tadi
Nama Pengguna (Username) = isi username phpmyadmin anda
Password = isi password phpmyadmin anda
Host Basis data (host database) = ini host/domain/ip server anda
Perfiks Tabel  = isi dengan penginisialan tabel database contoh : wp_
kemudian kirim (simpan/Send)


setelah itu klik Jalankan untuk instalasi (run to install)
Setelah itu isi informasi umum dan pengaturan user
Judul Situs = isi judul blog yang ingin anda buat
Nama pengguna = diisi username untuk admin
password  = diisi password yang anda inginkan dan centang bawahnya jika password anda buat lemah keamanannya
Email = isi email anda

lalu Install Wordpress

 Tara install wordpress berhasil

 lalu login untuk masuk area admin (untuk posting dan ganti template dll)

 inilah tampilan Dashboard Admin
dan inilah tampilan halaman utama blog yang menggunakan wordpress.
Selamat Mencoba :D

0 Response to "Install CMS Wordpress"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel