Cara Install EHCP (Easy Hosting Control Panel)

Selamat Siang sahabat Blogger.
Siang ini saya mau share tentang cara install EHCP (Easy Hosting Control Panel) di server Debian 8.3. sebelumnya sudah pada tau apa itu EHCP ?? EHCP merupakan salah satu control panel server seperti webmin dan sahabat-sahabatnya. Dengan adanya control panel, anda tidak perlu lagi berhubungan dengan SSH client seperti putty dan sejenisnya, meskipun tidak menutup kemungkinan anda masih perlu berhubungan dengan ssh client, tapi sebagian besar kebutuhan anda sudah dapat terpenuhi dengan adanya control panel.
Seperti namanya EHCP(Easy Hosting Control Panel) memang mudah untuk di install dan di gunakan untuk konfigurasi.Disini pengguna terbagi ke dalam kategori admin, reseller dan user, sehingga cocok untuk anda yang ingin berjualan atau memperbanyak hosting.
EHCP hanya mendukung sitem operasi debian /ubuntu dan keturunannya. Untuk Centos / RedHat pihak ehcp sendiri tidak memberikan support tetapi pihak EHCP sendiri tidak membantah bahwa EHCP bisa diinstall di Centos / RedHat dengan berbagai penyesuaian, dan untuk Centos / redhat mungkin dapat menggunakan control panel lain yang sangat support untuk centos seperti webuzo, webmin, atau pun kloxo-mr.
EHCP sudah memiliki fitur yang sangat lengkap seperti Disk Quota Control, SSL Support, Dukungan Berbagai Bahasa, FTP File Manager, Backup, Web Mail (Squirrel Mail, Roundcube Mail), Add Domain dan Sub domain, Transfer Domain, Konfigurasi Database, Web Stats dan yang paling saya suka tersedianya script untuk install berbagai cms seperti wordpress, drupal, joomla, xoops, modx dan lebih banyak lagi yang lainnya. anda dapat melihat fitur lebih lengkapnya di website resmi ehcp http://www.ehcp.net/?q=node/794
EHCP sendiri berdiri pada awal tahun 2006 dan sudah melayani ribuan perusahaan hosting dan juga individu. Dikembangkan dan dibuat pertama kali oleh Bvidinli, sekarang EHCP sudah mendapat banyak sekali dukungan dari pengembang lain, sehingga hal ini memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan EHCP itu sendiri.
Sedikit Curhat kemarin saya coba install control panel ISPConfig3 tapi belum berhasil, ada beberapa kendala yang saya alami karena proses installasinya yang lama yang disebabkan koneksi jaringan yang lumayan lemot sehingga beberapa kali sering gagal. semoga kedepannya bisa berhasil dan insyaallah akan saya share di blog saya ini. proses installasi ISPConfig3 dan EHCP menurut saya memang mudah EHCP. dan diusahakan pada saat installasi pastikan repository yang anda gunakan sudah lengkap untuk melakukan installasi berbagai paket aplikasi server.
Langsung saja berikut proses installasi EHCP.
Saran saya EHCP di install pada Server yang masih Fresh karena secara otomatis EHCP akan menginstall berbagai paket aplikasi yang dia butuhkan. dan menurut tutorial yang saya baca EHCP akan berjalan sangat lancar pada VPS yang memiliki ram 512 mb (Recommend 1024 mb). namun kali ini saya menginstall EHCP di Server local dalam Proxmox. jadi mohon dimaklumni jika tidak sempurna di VPS Online (dengan ip publik dan domain yang terdaftar di arpa).

Pertama Download terlebih dahulu ehcpnya
# wget -O ehcp.tgz www.ehcp.net/ehcp_latest.tgz


Kemudian extract
# tar -zxvf ehcp.tgz

Setelah itu masuk ke direktori ehcp yang terextract tadi dan jalankan file install.sh nya.
# cd ehcp
# ./install.sh

Pada saat Proses Installasi EHCP nya nanti secara otomatis akan menginstall berbagai paket aplikasi seperti Apache2 (webserver), mysql(database), bind9(DNS), mail server, dll. jadi setelah menjalankan file install.sh anda akan dimintai persetujuan untuk install paket aplikasi-aplikasi yang dia butuhkan. ikuti saja perintahnya. dan berikut screenshot proses installasi EHCP saya.











Saya Tidak Menjelaskan 1 per 1 karena pada step installasi ini hanya di mintai konfirmasi install jika iya ketik "y" lalu ENTER. dan dimintai username dan password. Perlu diingat username dan password anda. dan berikut ada video cara install dari sumber yang saya gunakan. saya juga merekam tetapi proses saya memakan waktu hampir 30 menit. sedangkan video dibawah ini hanya 11 menit. silahkan disaksikan.


Semoga Bermanfaat :D
sumber referensi http://www.dedeerik.com/cara-install-ehcp/

0 Response to "Cara Install EHCP (Easy Hosting Control Panel)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel