Konfigurasi Mikrotik RB951Ui 2HnD dengan Modem USB Stick

Konfigurasi Mikrotik RB951Ui 2HnD dengan Modem USB Stick
Assalamualaikum wr.wb
Saya tadi malam telah mencoba mengkonfigurasi Mikrotik RB951 yang terkoneksi ke Modem USB stick. Mungkin anda bingung kok modem dikoneksikan ke Mikrotik RouterBoard ?? karena Mikrotik RouterBoard seri RB951Ui 2HnD itu memiliki fitur tambahan yaitu terdapat Port USB yang bisa dijadikan sumber(Resources) bisa di jadikan sumber media penyimpanan(Flashdisk) dan juga bisa dijadikan sebagai sumber media data koneksi internet(Modem USB Stick) dan masih banyak lagi fitur istimewanya. akan tetapi Mikrotik RB951 dan Modem tersebut bukan punya saya kali ini saya meminjamnya dari teman saya dari Kaliwungu (Mikrotik RB951) dan teman saya dari jepara (Modem USB Stick) :D  . Dan di siang ini saya akan berbagi tentang cara konfigurasi Modem USB Stick tersebut. silahkan disimak :D

Hal yang disiapkan:
  • Modem USB Stick (Bisa Merk apa saja asal nanti detect di Mikrotik)
  • Mikrotik RB951 (bisa seri apa saja contoh saya kali ini RB951Ui 2HnD)
  • Kabel UTP untuk koneksi Laptop/PC ke Mikrotik untuk konfigurasinya.
Langsung saja :
  1. Hidupkan Mikrotik dan Tancapkan Modem USB stick Ke Mikrotik RouterBOARD.
  2. Lalu Masuk ke mikrotik menggunakan winbox.
  3. Kemudian Buka Tab System -> Resources lalu cari dan klik tab USB
    Pastikan Modem telah detect/dikenali dan cek port yang digunakan modem tersebut.
  4. lalu buka tab interface bila anda pertama kali mencoba ini biasanya akan otomatis terdapat nama interfaces ppp-out1 jika tidak bisa ditambah sendiri dengan cara klik + (add) lalu cari ppp client. 
     jika sudah otomatis ada interfaces ppp-out1 maka tinggal di setting nama interfaces nya contoh nama interfaces saya kali ini modem kemudian pastikan port yang digunakan sama seperti resources usb, dan APN disini saya isi dengan internet atau juga bisa diubah sesuai kartu provider anda.
     lalu pada tab PPP user diisi dengan user yang digunakan apn kartu perdana internet anda contoh saya ini menggunakan user indosat dan password indosat
     lalu apply dan tunggu hingga pada bagian bawah terdapat status : connected
     lalu cek dengan membuka terminal mikrotik dan coba ping google.co.id. dan hasilnya sukses :D
  5. Selanjutnya konfigurasi Mengkoneksikan ke Laptop/PC seperti tutorial sebelum sebelumnya. pertama masuk tab IP -> address lalu klik + (add) lalu ini IP yang ingin digunakan berserta / (prefix) dan juga interfaces yang ingin digunakan 
     
  6. lalu masuk ke tab IP -> Firewall -> NAT dan seperti biasa + (add) lalu Chain = srcnat dan Out. Interface = modem (Sebagai Source/Sumber Internet) dan Action tetap Masquerade
  7. lalu masuk ke tab IP -> Routes untuk cek route listnya
    Pastikan IP Modem sudah reacheble. dan tinggal di setting di PC Client 1 Subnet dengan Ether yang digunakan di RB951.
  8. Lalu cobalah ping google.co.id atau buka langsung dibrowser untuk internetan. semoga berhasil untuk lebih detailnya dapat dibuka video rekaman konfigurasi saya dibawah ini serta anda juga dapat langsung buka Chanels Youtube saya. : 

2 Responses to "Konfigurasi Mikrotik RB951Ui 2HnD dengan Modem USB Stick"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel