Mengenal Adapter NAT, Bridge, Host Only dalam VirtualBox

Mengenal Adapter NAT, Bridge, Host-Only Adapter dalam VirtualBox – Sahabat laptop mungkin sering menjalankan mesin virtual (Virtualbox/VMWare) untuk latihan/pembelajaran mengenai sistem operasi. Aplikasi mesin virtual ini sangat membantu pembelajaran terutama bagi pengembang sistem operasi. Kesempatan kali ini saya tidak akan membahas terlalu jauh tentang mesin virtual. Laptop hanya akan membahas beberapa mode jaringan yang disediakan oleh mesin virtual/virtualbox.

Sebenarnya virtualbox memiliki 5 mode jaringan yang disediakan untuk mempermudah penggunakan sistem operasi virtual, namun laptop kali ini hanya akan membahas 3 adapter jaringan yang sering digunakan dalam virtualbox. 3 adapter itu diantaranya ada NAT, Bridged, dan Host-Only adapter.
Untuk penjelasan yang lebih detail akan diuraikan di bawah ini.

  • NAT (Network Address Translation)
  • NAT atau memiliki kepanjangan Network Address Translation adalah sebuah tipe adapter network default di virtualbox, yang artinya adalah mode NAT akan otomatis mejadi tipe jaringan bagi sebuah mesin virtual baru. NAT disini difungsikan agar sistem operasi guest akan langsung terhubung dengan sistem operasi host, dan jika sistem operasi host memiliki akses internet makan sistem operasi guest akan secara otomatis tehubung dengan internet tanpa harus konfigurasi. Dengan mode ini sistem operasi guest (virtual) dapat menghubungi atau ping ke sistem operasi host, namun tidak sebaliknya sistem operasi host tidak dapat ping ke sistem operasi guest. Karena jaringan ini memang hanya difungsikan untuk menghubungkan sistem operasi guest dengan internet.

  • Bridged Adapter
  • Bridge sendiri berarti jembatan, dengan kata lain mode adapter bridged ini difungsikan untuk menjembatani sistem operasi guest dengan sistem operasi host dan juga dengan jaringan yang terhubung dengan sistem operasi host. Dalam mode ini, sistem operasi guest dapat tehubung dengan jaringan fisik layaknya sistem operasi host. Namun, jika menggunakan mode bridged adapter ini maka untuk terhubung ke jaringan fisik sistem operasi guest juga harus mengkonfigurasi jaringannya (jika jaringan static maka harus setting IP address secara manual). Bila sistem operasi host memiliki lebih dari 1 adapter jaringan (misal : Ethernet & Wireless ethernet) maka dalam virtualbox juga harus disetting/memilih jaringan fisik mana yang akan dijembatankan ke sistem operasi guest.
  • Host-Only Adapter
  • Dalam mode Host-only adapter ini sistem operasi guest dapat terhubung dan mengakses sistem operasi host dan juga sebaliknya sistem operasi host juga dapat terhubung dengan mengakses sistem operasi guest. Mode jaringan ini salah satu favorit laptop, karena mudah konfigurasi dan cocok untuk jaringan antara host dengan guest. Namun mode jaringan ini setahu laptop tidak dapat digunakan untuk menjembatani jaringan internet ke sistem operasi guest tidak seperti NAT dan bridged Adapter.
Di kesempatan kali ini hanya itu dulu yang dapat laptop bagi, semoga penjelasan laptop mengenai macam-macam jaringan dalam virtualbox diatas bermanfaat bagi sahabat laptop. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar dibawah, jika saya mengetahui jawabanya akan saya jawab lain kesempatan. Terima Kasih sudah berkunjung :D

0 Response to "Mengenal Adapter NAT, Bridge, Host Only dalam VirtualBox"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel