Installasi Debian 8.2

Selamat Pagi
     Hari ini saya akan share tentang installasi Debian 8.2. dan praktik saya kali ini menggunakan virtualbox. langsung saja

  1. Pertama masuk ke tampilan awal install debian. pilih install

  2. Pilih bahasa yang akan digunakan. kali ini saya pilih bahasa English
    Selanjutnya Mencari Lokasi Indonesia dengan cara  pilih other
    kemudian Asia
    kemudian baru ketemu lokasi indonesia
    Atur locales, misal United States        - en_US.UTF-8. Tekan "ENTER".
    Kemudian mengatur type keyboard yang digunakan. misal American English (default normal)
  3. Tunggu Hingga Proses Scanning CD-ROM selesai
  4. Ini merupakan Peringatan bahwa gagal menerima IP dhcp. memang kali ini saya tidak menggunakan jaringan dhcp, tapi menggunakan IP static. jadi setting IP nya secara manual saja. pilih Continue
    Pilih Configure network manually
    Selanjutnya ini IP address yang ingin anda berikan. kali ini saya menggunakan IP address : 117.20.56.41/24
    lalu masukkan gateway nya. kali ini saya menggunakan 117.20.56.1
    lalu masukkan Name server address. kali ini saya isi dengan alamat DNS di BLC telkom Klaten atau anda juga bisa isi alamat DNS google (8.8.8.8).
     
  5. lalu masukkan Hostname contoh smkjuara
  6. Kemudian masukkan Domain name. contoh : smk-juara.net
  7. Kemudian masukkan password untuk root nya.
    ulangi password root nya
  8. Kemudian masukkan Full name for the new user (user biasa) masukkan nama lengkap yang akan anda gunakan misal : arifin
    masukkan username misal : arifin
    lalu masukkan password untuk user tersebut. misal : ********** (rahasia :v)
    masukkan ulang password user sama seperti diatas
  9. Kemudian Select a city in your time zone  atau pemilihan provinsi sesuai dengan tempat anda saja. saya pilih yang ada jawa nya
  10. Tunggu proses sampai selesai
  11. kemudian apa pemilihan partisi. pilih saja Guided - use entire disk and up LVM
    Kemudian pilih harddisk anda.
    Struktur partisi pilih saja All files in one partition (recommend untuk pengguna baru)
    Pilih Yes untuk pengizinan partisi
    Pilih Finish prtitioning and write changes to disk
    Pilih Yes untuk perizinan mengisi file system ke partisi hardisk
    Tunggu hingga Installing the base system selesai
    Pilih No jika anda disuruh memasukkan disk 2 debian.
    pilih No pada Use a network mirror

    Pilih No
  12. Pemilihan Aplikasi yang akan diinstall. kali ini saya akan install SSH server untuk remote server dan standard system utilities untuk aplikasi system.
    Tunggu hingga proses installasi aplikasi selesai.
  13. Pilih Yes untuk install grub boot loader
    lalu pilih hardisk anda sebagai boot loader nya
  14. Pilih Continue dan akan otomatis merestart system
  15. Setelah itu sukses install :D
    Semoga apa yang saya share hari ini bermanfaat. Tunggu postingan saya selanjutnya.:D

2 Responses to "Installasi Debian 8.2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel