Panduan Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis!

Sahabat Laptop kali ini akan berbagi tips membuat email spesial, Spesial kali ini menggunakan @domain sendiri. Pada umumnya, orang membuat email menggunakan layanan google @gmail[dot]com atau yahoo mungkin. Namun apa spesialnya mempunyai email dengan domain sendiri? Dengan memiliki sebuah email dengan domain sendiri kebanyakan orang menganggap orang tersebut kelihatan profesional terutama bagi sebagian orang yang selalu menjelajahi dunia internet seperti pengguna media sosial serta para pedagang online.

Cara membuat email dengan domain sendiri sebenarnya banyak caranya. Saya kali ini akan menjelaskan secara umum beberapa cara tersebut dan mungkin akan saya bagikan caranya lain kali. Cara pertama dengan menggunakan layanan dari google yaitu G-Suite untuk penjelasannya lihat artikel saya Apa itu G Suite. kemudian, Cara ke-2 menggunakan server dengan layanan SMTP, IMAP, dan POPmail yang harus terinstall di server. dan Cara ke-3 menggunakan layanan email hosting dari Zoho.


Saya memiliki beberapa email contoh dari penjabaran saya diatas misal email yang diberikan oleh dari sekolahan saya dulu yaitu mokhamadarifin.7645@smkn1-purwodadi[dot]net itu merupakan email dari layanan G-Suite pemberian sekolah saya secara gratis. Kemudian contoh ke-3 email arifin@kalink[dot]id itu yang akan saya bahas kali ini cara membuatnya. Untuk cara ke-2 saya pernah mempraktikkan tapi agak ribet jadi kapan-kapan saya bagi. langsung saja berikut Panduan Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis


  1. Pertama, daftar dulu di website Zoho atau bisa klik disini
  2. Kemudian masukkan email dan password email anda, kemudian klik SIGN UP FOR FREE
  3. Lalu cek inbox email anda, dan klik email verifikasi yang dikirim oleh Zoho
  4. Selanjutnya pilih mail
  5. Kemudian, Anda akan disuruh memasukkan nomor ponsel untuk keperluan verifikasi. Masukkan nomor ponsel anda yang masih aktif beserta password akun zoho anda. Kemudian pilih Send code
  6. Kemudian, Anda akan menerima sms yang berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut, lalu pilih Verify Code. Jika nomor ponsel anda berhasil diverifikasi. Pilih Continue untuk melanjutkan.
  7. Karena kita ingin menggunakan layanan email hosting gratis, maka silakan pilih LITE dengan cara klik tombol CHOOSE.
  8. Masukkan alamat domain lalu klik Continue
  9. Setelah memasukkan domain, kita akan diminta untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain. Pada Select your domain's DNS Manager (DNS Hosting Provider) From the list, pilih saja Others
  10. Ada tiga metode yang bisa anda pilih di antaranya memasukkan CNAME atau TXT record pada registrar tempat anda membeli domain atau juga bisa mengupload file HTML yang diberikan Zoho. Kali ini saya memilih untuk memasukkan CNAME record untuk verifikasi kepemilikan domain.
  11. Untuk menambahkan CNAME atau TXT record setiap hosting domain tidak terlalu beda jauh. kali ini saya menggunakan IDWebhost, jika ada yang menggunakan hostinger mungkin artikel saya 2 tahun lalu bisa membantu Cara Merubah Domain Blogspot ke domain Idhostinger..
  12. Masukkan CNAME ke Konfigurasi DNS, kurang lebih seperti dibawah.
  13. Kemudian kembali ke halaman verifikasi kepemilikan domain jika sudah memasukkan CNAME record ke hosting. Pilih Proceed to CNAME Verification. Jika belum bisa, silahkan ditunggu beberapa menit atau mungkin jam tergantung kecepatan tiap hosting.
  14. Kalau anda mendapat notifikasi seperti ini berarti anda sudah berhasil menambahkan CNAME recordnya. Setelah itu, pilih Verify Now untuk melanjutkan.Jika tetap tidak berhasil bisa menggunakan metode lain pada nomor 10 diatas (TXT record atau HTML)
  15. Kemudia pada halaman ini, anda dapat menambahkan pengguna utama (Admin) yang anda inginkan. Sebagai contoh, saya ingin membuat email dengan alamat admin@kalink.id. Maka saya cukup memasukkan admin saja, kemudian pilih Create Account.
  16. Lalu pada halaman Add Users, anda dapat menambahkan pengguna lain, maksimal 25 pengguna karena gratis. Saya pribadi dua-tiga user saja sudah cukup, jika anda ingin menambahkannya, pilih Proceed to Add Users.
  17. Lalu anda akan dialihkan ke halaman admin untuk menambahkan user. Masukkan nama, email ID serta password pada kolom yang telah disediakan. Mungkin anda bingung, email yang telah kita buat tadi (admin@kalink.id) tapi kok tidak ada kolom memasukkan password. Untuk password dari email admin tersebut sama dengan yang anda masukkan waktu awal registrasi di Zoho (Langkah nomor 2). Jika sudah selesai diisi, pilih OK.
  18. Pada halaman Create Groups, anda bisa membuat akun grup pada halaman ini. Saya rasa ini tidak begitu penting, jadi saya pilih SKIP saja.
  19. Untuk menerima email, kita harus menambahkan MX Records pada hosting atau registrar tempat anda membeli domain.
  20. Kemudian kembali ke konfigurasi DNS pada hosting. Silahkan tambah 2 buah MX records kurang lebih seperti digambar bawah ini.
  21. Kembali ke halaman konfigurasi MX Records tadi (nomor 19), dan pilih MX Lookup untuk memastikan bahwa konfigurasi MX records yang anda masukkan tadi benar. Tunggu beberapa menit atau jam tergantung kecepatan tempat hosting, maka anda akan mendapat notifikasi seperti dibawah ini yang menandakan bahwa konfigurasi MX Records yang anda masukkan sudah benar. Setelah itu pilih OK, kemudian pilih Next.
  22. Untuk mencegah spam email dari pengguna dari layanan email lain dan keperluan autentikasi, anda bisa menambahkan SPF dan DKIM record. Cara menambahkan SPF dan DKIM records ini seperti saat menambahkan CNAME dan MX Record. sebenarnya ini opsional, namun entah mengapa inginku sertakan. Untuk halaman SPF/ DKIM, Email Migration, Mail Client Configuration sampai Mobile Acces bisa di skip karena termasuk opsional. Anda bisa mengatur secara detailnya sendiri jika anda anggap perlu karena langkah-langkahnya pun sangat mudah. Seperti gambar dibawah ini jika disertakan versi saya.
    Setelah Step ini email sudah jadi dan bisa digunakan.
Masuk halaman Email
Anda sekarang sudah mempunyai email dengan domain sendiri. Untuk menggunakannya simak langkah-langkah berikut.

  1. Login masuk https://accounts.zoho.com/signin
  2. Setelah Login akan muncul halaman seperti dibawah ini lalu klik email di menu pojok atas
  3. Lalu muncullah halaman perpesanan
Uji Coba Kirim Pesan

  1. Kirim Pesan dari email domain sendiri ke Gmail

  2. Kirim Pesan dari Gmail ke email domain sendiri

Semoga bermanfaat tips kali ini dari Sahabat Laptop.

Tips ini dibuat berdasarkan praktik langsung dengan referensi dari nasabamedia


0 Response to "Panduan Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Gratis!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel